Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Deklamasi Puisi

 Jika mendapat pertanyaan tentang jelaskan apa yang kamu ketahui tentang deklamasi puisi, dapatkan menjawabnya dengan tepat? Puisi merupakan salah satu karya sastra paling terkenal yang memiliki gaya bahasa indah dan seringkali digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau pengalaman.

Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Deklamasi Puisi

Puisi bahkan juga dapat digunakan untuk menyatakan rasa suka atau rindu kepada seseorang. Istilah deklamasi berhubungan dengan pembacaan puisi namun bukan sekedar membaca melainkan harus tahu makna dari puisi dan aturan tentang cara membaca puisi yang benar.

Baca juga : 

Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Deklamasi Puisi

1. Definisi

Istilah deklamasi rupanya bukan berasal dari bahasa lokal namun dari bahasa Latin "declaim" atau "declare", yang memiliki arti "membaca sebuah karya sastra dalam bentuk puisi atau sajak dan harus disertakan dengan gerakan tubuh dan diiringi musik atau lagu dalam pembacaan tersebut".

Definisi deklamasi dalam KBBI juga tidak jauh berbeda yaitu penyajian sajak atau puisi yang disertai dengan gaya dan lagu. Adapun sebutan untuk orang yang melakukan deklamasi dikenal dengan deklamator.

2. Syarat Melakukan Deklamasi / Menjadi Seorang Deklamator

Orang yang akan menjadi deklamator tidak bisa dipilih secara acak atau sembarangan karena hal ini membutuhkan pengalaman dan wawasan serta keahlian. Beberapa syarat untuk menjadi deklamator adalah sebagai berikut :
  • Seorang deklamator harus memperhatikan setiap kata yang ada di dalam puisi yang akan dibaca, setiap larik, bait, dan juga frasa. 
  • Deklamator tentunya juga harus memiliki pemahaman yang bagus terkait dengan maksud dari isi puisi yang akan di deklamasikan. 
  • Deklamator harus memiliki daya ingat yang bagus dan cara menghafal yang efektif karena biasanya sebelum melakukan deklamasi seorang deklamator perlu menghafal teks puisi terlebih dahulu.
  • Seorang deklamator harus dapat menyampaikan isi dan maksud dari puisi lewat gerakan tubuh dan gaya yang tepat agar dapat memperkuat penyampaian puisi dan bisa ditangkap oleh para audiens dengan mudah.
  • Deklamator harus mampu menyampaikan nilai-nilai yang ada pada puisi dengan tepat kepada para pendengar.
  • Deklamator harus tahu bagaimana cara membaca puisi yang benar, seperti apa nadanya, seberapa keras atau pelan suara yang dipelukan, harus paham dimana meletakkan penekanan saat membaca, dapat memahami tanda jeda pada puisi, dan berbagai hal lainnya. 
  • Ketika melakukan deklamasi puisi, seorang deklamator harus dapat memberikan pelafalan yang jelas dan dengan intonasi yang diperhatikan.
  • Mimik atau ekspresi wajah saat deklamasi puisi juga harus diperhatikan karena harus sesuai dengan setiap kalimat yang ada pada puisi yang dibaca. Setiap gerakan dari sang deklamator bersama dengan mimik tadi juga harus sejalan dengan lagu / musik pengiring.
  • Seorang deklamator harus melakukan persiapan terlebih dulu sebelum benar-benar melakukan deklamasi dengan cara latihan berulang kali dan secara rutin. Jadi, deklamasi puisi tidak bisa dilakukan secara mendadak karena hasil akhir akan menjadi tidak maksimal.
Sebagai informasi tambahan, deklamasi tidak hanya dapat dilakukan pada puisi namun juga bisa pada karya sastra jenis lain misalnya sajak dan bahkan pantun. Namun yang perlu diketahui adalah tidak semua karya sastra dapat dideklamasikan. 

Hal ini karena masing-masing karya sastra memiliki makna, dan makna ini perlu dipahami terlebih dulu dan dipertimbangkan apakah ketika disampaikan kepada audiens akan membawa dampak positif atau justru negatif.

Secara garis besar, jawaban dari pertanyaan jelaskan apa yang kamu ketahui tentang deklamasi puisi adalah pembacaan puisi yang disertai dengan musik / lagu dan gerakan tubuh serta mimik wajah yang perlu diperhatikan. Orang yang melakukan deklamasi disebut dengan deklamator dan ada syarat khusus.

Postingan populer dari blog ini

Apa Pentingnya Memiliki Rasa Cinta Tanah Air Jelaskan

Apa Saja Tujuan yang Mungkin Diungkapkan dalam Surat Pribadi